Sementara ini kegiatan UMKM di Indonesia sangat didukung oleh pemerintah karena mereka bisa membantu perekonomian Indonesia lebih maju, tentunya pemerintah juga mendukung apabila UMKM ingin go internasional bisa bersaing di kancah global.
1. Tentukan pasar
Langkah pertama yang harus dilakukan pengusaha UMKM adalah menentukan pasar yang akan dituju dan mengenal karakteristik yang dimiliki oleh negara tersebut, misalnya saja jika barang barang yang mahal dan bermerk biasanya dikuasai oleh produk dan negara eropa. Sementara untuk produk menengah ke bawah biasanya dikuasai negara asia seperti China dan Vietnam. nah untuk Indonesia sendiri bisa bermain di tengah kedua negara tersebut, dengan catatan jangan terburu buru produksi dalam jumlah banyak tapi tingkatkan kualitas produk yg utama agar mendapat nilai produk yang baik. Dengan adanya informasi tentang karakteristik pasar kita akan lebih mudah memproduksi suatu barang.
2. Membaca tren global
Tips kedua adalah membaca trend pasar. Tentunya sebelum memproduksi kita bisa melakukan riset di media sosial atau internet terlebih dulu tentang produk apa yang sedang booming di pasar, dengan begitu biasanya suatu produk akan lebih banyak peminatnya jika mengikuti tren di masyarakat. Oleh sebab itu sangat penting tips ini dipahami oleh pelaku UMKM jika bisnisnya ingin tembus ke pasar global. Mereka harus bisa membaca kira kira tren produk apa yang banyak diminati.
3. Terus membuat inovasi baru
Masyarakat cenderung lebih suka akan produk yang terus berubah atau berinovasi daripada yang monoton. Suatu brand yang memiliki keunikan dan menarik pasti lebih banyak dilirik oleh pembeli karena mereka berbeda dengan yang lain dan tidak membosankan. Oleh karena itu pengusaha UMKM harus membuat suatu produk yang unik yang berbeda dari produk yang lain, karena produk yang unik memiliki ciri khas tersendiri yang membuat orang ingin mendapatkannya dan membelinya.
Nah untuk membuat suatu produk yang unik dan inovatif kita bisa mengadopsi ciri khas unik budaya lokal Indonesia dengan menambah sentuhan aksen kontemporer. Dimana kita bisa membuat produk unik dengan tetap mempertahankan budaya tradisional dengan memadukan unsur budaya modern yang pastinya menciptakan karya yang luar biasa.
4. Membuat produk limited edition
Strategi berikutnya yang harus ditiru pengusaha UMKM Indonesia adalah dengan menerapkan produk eksklusif atau limited edition untuk suatu produk. Cara ini cukup sukses diterapkan oleh negara maju seperti Amerika dan Eropa dan tidak ada salahnya kalau Indonesia ikut mencoba model tersebut untuk kesuksesan bisnis UMKM nya.
Strategi produk eksklusif ini memang membuat masyarakat jadi penasaran karena hanya diproduksi dalam jumlah sedikit yang artinya produk itu tidak pasaran nantinya karena hanya beberapa orang saja ya punya. Meski harga dari produk eksklusif ini terbilang cukup mahal, justru peminatnya tetap membeli karena baginya barang limited edition itu terbatas jumlahnya dan cepat sold outnya.
5. Pelajari prosedur ekspor impor
Hingga saat ini masih banyak pengusaha UMKM Indonesia yang belum memahami secara baik soal peraturan ekspor barang ke luar negeri karena begitu banyak rangkaian prosedur yang harus dilakukan. Dalam kegiatan ekspor biasanya pelaku UMKM harus melewati serangkaian prosedur seperti jenis barang yang dijual, serta pengemasan untuk memastikan barang aman saat tiba di tujuan, dan proses bea cukai.
Demikianlah sejumlah tips dan trik yang bisa dipraktekan agar produk UMKM Indonesia bisa bersaing di pasar internasional, dan memberikan dampak yang luas biasa bagi pertumbuhan UMKM di Indonesia .